Tips bagaimana agar sehat

Topik seputar kesehatan senantiasa menjadi topik yang banyak dibicarakan. Para penulis dan penyedia konten di dunia online seolah berlomba menyuguhkan info kesehatan wanita maupun pria yang paling terbaru.

Definisi “sehat” itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah, antara lain, keadaan seluruh badan yang baik, sembuh dan bebas dari sakit, serta hal-hal yang mendatangkan kebaikan bagi tubuh.

Sayangnya, akibat maraknya berbagai suplemen atau makanan kesehatan di pasaran, banyak orang melupakan tips kesehatan dasar yang seharusnya diikuti juga di samping mengonsumsi makanan kesehatan.

Tips sehat yang penting untuk diketahui mencakup ragam makanan yang sehat untuk dikonsumsi dan cara menjaga kesehatan tubuh dengan hal-hal yang praktis untuk dilakukan.

Tips bagaimana agar sehat

Makanan yang Sehat

Dalam sebuah artikel kesehatan di situs The Sydney Morning Herald, seorang ahli diet terkemuka di Australia bernama Susie Burrell mengungkapkan 10 bahan makanan dan minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi.

  • Probiotik – Lazim ditemukan pada yoghurt, probiotik adalah mikro organisme alami yang berfungsi memperbaiki saluran pencernaan demi penyerapan nutrisi secara optimal.
  • Ikan – Beberapa jenis ikan, misalnya salmon dan tuna, kaya akan kandungan asam lemak omega 3 untuk menurunkan tekanan darah dan trigliserida serta mengatasi peradangan dalam tubuh.
  • Berry – Buah yang termasuk kategori buah buni atau beri ini rendah kalori namun tinggi kandungan antioksidan, serat, dan vitamin C.
  • Tomat – Kaya akan beta-karoten dan vitamin C, buah tomat dikatakan tinggi kandungan likopen untuk mencegah kanker pankreas dan kanker perut.
  • Teh Hijau – Selain kaya antioksidan, teh hijau dianggap mampu meningkatkan proses metabolisme lemak.
  • Paprika merah – Dengan kandungan karotenoid dan vitamin C yang tinggi, paprika merah dinilai dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, ataupun kanker.
  • Brokoli – Selain mengandung sulforafan yang bersifat antikanker, sayuran sehat ini mengandung folat dan lutein untuk memperlambat terjadinya gangguan penglihatan karena penuaan.
  • Sup sayuran – Menurut penelitian di The Pennsylvania State University, mengonsumsi sup sayur dengan kandungan kalori seperempat lebih sedikit bisa mencegah berbagai penyakit.
  • Cokelat hitam – Dianggap sebagai makanan sehat jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu, kandungan flavonoid dan fenolik dalam cokelat hitam lebih tinggi daripada teh dan minuman anggur.
  • Kenari – Karena kaya kandungan lemak tak jenuh, mengonsumsi 30 g kenari setiap hari dipandang mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengoptimalkan susunan dinding sel.

Makanan yang Sehat

Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain mengonsumsi makanan yg sehat, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan melakukan hal lainnya. Menurut dr. Tania Savitri, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh:

  • Rutin beraktivitas fisik

Aktif bergerak secara teratur dinilai sebagai salah satu kunci hidup sehat, misalnya rutin membersihkan rumah, jalan santai, berkebun, atau melakukan peregangan otot.

  • Cukup tidur

Sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia, tidur secukupnya penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Kebanyakan ahli mengatakan bahwa rata-rata orang dewasa perlu tidur sekitar 7-9 jam sehari.

  • Cukup minum air

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda akan asupan air. Selain dari air putih, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air.

  • Makan perlahan-lahan

Dalam sebuah materi kesehatan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics tertulis bahwa mengunyah makanan secara perlahan bisa membuat asupan kalori dalam tubuh berkurang karena kecenderungan untuk tidak makan berlebihan.

 

PODZIEL SIĘ

ZOSTAW ODPOWIEDŹ

Please enter your comment!
Please enter your name here