Cara untuk meningkatkan kebugaran fisik

Tubuh dan fisik yang bugar merupakan impian banyak orang sejak zaman dahulu. Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri mendefinisikan “kebugaran” sebagai hal-hal tentang badan yang sehat dan segar, menyamakannya dengan “kesegaran”.

Latihan kebugaran jasmani berguna untuk meningkatkan berbagai macam fungsi organ tubuh dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Di samping itu, pola hidup sehat turut membantu orang mencapai tujuan kebugaran jasmani yang direncanakan.

Meski suplemen dipercaya sebagai cara instan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengonsumsumsinya saja tanpa melakukan beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani dianggap tidak menghasilkan manfaat berarti.

Cara untuk meningkatkan kebugaran fisik

Manfaat Kebugaran Jasmani

Di antara berbagai manfaat latihan kebugaran jasmani atau fitness, memperoleh bentuk dan berat badan yang didambakan mungkin merupakan tujuan kebugaran jasmani yang paling sering disasar. Untuk mencapai tujuan latihan kebugaran jasmani yang ditetapkannya itu, banyak orang rela melakukan olahraga kebugaran fisik seberat apa pun.

Terlepas dari apa tujuan seseorang melakukan suatu jenis latihan fisik, dalam sebuah artikel kebugaran jasmani tinjauannya, dr. Kevin Adrian menyebutkan sejumlah manfaat kebugaran jasmani:

  • Mengendalikan berat badan
  • Memperbaiki suasana hati
  • Menjaga kualitas tidur yang baik
  • Menurunkan ketegangan (stres)
  • Mengurangi risiko terserang penyakit
  • Memperlambat penuaan tubuh
  • Meningkatkan kekuatan otak dan energi
  • Memperbaiki kemampuan seksual

Ia mengingatkan juga bahwa olahraga perlu dilakukan rutin supaya tubuh bugar dan kesegaran jasmani yang diinginkan tercapai. Selain itu, bentuk latihan kebugaran jasmani perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Menurut sebuah materi kebugaran jasmani di 2008 Physical Activity Guidelines for Americans, ada dua jenis latihan fisik yaitu aerobik dan penguatan otot. Latihan aerobik sendiri penting untuk melatih otot lengan, bahu, dada, punggung, perut, dan juga kaki.

  1. Yanuar Adi Kurnia dari Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dalam artikel kebugaran jasmani yang ditulisnya merekomendasikan cara meningkatkan kebugaran jasmani dengan melakukan olahraga kebugaran aerobik. Contoh latihan kebugaran jasmani yang ia anjurkan itu adalah bersepeda.

Selain itu, dipaparkan pula contoh kebugaran jasmani yang dianjurkan berdasarkan intensitas latihannya:

  • Sedang: bermain tenis berpasangan, bersepeda di jalan datar atau agak berbukit, berjalan cepat
  • Berat: berenang, berlari, bersepeda cepat atau di bukit, bermain tenis tunggal, sepak bola, basket

Bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani yang disebutkan di atas mungkin tidak dapat dilakukan oleh penderita nyeri sendi, khususnya pada lutut. Namun, bersepeda bisa saja dilakukan atas seizin dokter.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes, obesitas, hipertensi, depresi, gangguan kecemasan, dan penyakit kardiovaskular, Centers for Disease Control and Prevention menyarankan 150 menit latihan sedang atau 75 menit latihan berat setiap minggu.

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Suplemen untuk Kebugaran Tubuh

Ketua Indonesia Support Nutritionist Association dr. Rita Ramayulis mengatakan bahwa kaum pria banyak yang menggunakan suplemen kebugaran tubuh demi meraih kesempurnaan fisik. Padahal, ia menganggap olahraga kebugaran fisik yang benar dan asupan nutrisi yang tepat lebih penting jika bertujuan membentuk tubuh, daripada sekadar mengonsumsi suplemen. Suplemen mungkin tetap diperlukan bagi mereka yang sering berolahraga.

Aznan Lelo, Ketua Departemen Farmakologi dan Terapeutik FK USU, menjelaskan bahwa penggunaan suplemen (makanan kesehatan) secara berlebihan bisa mengakibatkan kematian sehingga konsumsi suplemen sebaiknya atas nasihat dokter. Untuk tujuan kebugaran jasmani, menurutnya, yang terbaik adalah suplemen berbentuk tablet atau kapsul yang hanya mengandung vitamin, tanpa bahan kandungan lainnya.

Dalam sebuah materi kebugaran jasmani di koran online The Independent, berdasarkan rekomendasi dari beberapa ahli gizi dan konsultan diet, disebutkan sejumlah kandungan suplemen yang boleh dikonsumsi setiap hari sesuai kebutuhan masing-masing orang:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B12
  3. Vitamin C
  4. Vitamin D
  5. Asam folat
  6. Kalsium
  7. Zat besi
PODZIEL SIĘ

ZOSTAW ODPOWIEDŹ

Please enter your comment!
Please enter your name here